Perusahaan Industri Minuman Terbesar di Dunia Saat Ini

Perusahaan Industri Minuman Terbesar di Dunia Saat Ini – Beberapa perusahaan minuman yang terbesar di dunia sudah lama mendominasi industri minuman global selama beberapa dekade, hingga pada saat ini mereka masih menjadi beberapa penyedia minuman favorit konsumen terkemuka dan kontributor terbesar bagi pertumbuhan industri. Ketika konsumen di seluruh dunia semakin meningkatkan kesadaran dan perilaku pembelian mereka ke arah minuman yang lebih sehat dan lebih beraroma, industri minuman global diperkirakan akan menghadapi beberapa tantangan, sementara beberapa perusahaan minuman terbesar di dunia juga diproyeksikan untuk menerapkan beberapa strategi baru untuk mempertahankan pangsa pasar mereka dalam waktu dekat. Berikut ini daftar berbagai perusahaan tersebut.

1. PepsiCo

Perusahaan Industri Minuman Terbesar di Dunia Saat Ini

PepsiCo saat ini adalah perusahaan minuman terbesar di dunia berdasarkan penjualan dan nilai pasar. Ini adalah salah satu perusahaan minuman ringan terbesar di dunia yang menawarkan produk pada kategori termasuk jus dan smoothie, karbonat, dan air kemasan. PepsiCo menjual produknya di lebih dari 200 negara dengan portofolio merek minuman ringan ikonik dan bergengsi seperti Pepsi-Cola, Frito-Lay, Gatorade, Naked Juice, Quaker, Lipton, Mirinda, Kero Coco, dan banyak lainnya. PepsiCo adalah salah satu perusahaan minuman ringan terbesar di dunia yang menawarkan produk dalam kategori termasuk jus dan smoothie, karbonat, dan air kemasan. Pada 2019, total penjualan PepsiCo mencapai $65 miliar.

2. Anheuser-Busch InBev

Anheuser-Busch InBev adalah pemimpin dunia dalam pasar bir global dan salah satu perusahaan minuman terbesar di dunia. Perusahaan ini bergerak dalam produksi dan distribusi bir, rum, malt, dan minuman non-alkohol lainnya, yang dijual di lebih dari 100 negara di seluruh dunia. Berkantor pusat di Leuven, Belgia, Anheuser-Busch InBev beroperasi di lebih dari 200 merek, termasuk beberapa merek bir paling populer di dunia seperti Budweiser, Corona, Stella Artois, Beck’s, Hoegaarden, dan Leffe. Pada 2019, total penjualan Anheuser-Busch InBev mencapai $54,6 miliar.

3. Coca-Cola

Coca-Cola adalah salah satu perusahaan minuman terbesar di dunia. Perusahaan Coco-Cola memiliki dan menjual lebih dari 500 merek minuman dengan produk yang dijual dalam beberapa kategori termasuk air, minuman energi dan olahraga, minuman jus, teh dan kopi siap minum, dan terutama minuman bersoda. Beberapa merek minumannya yang paling dikenal termasuk Coca-Cola, Fanta, Sprite, Diet Coke, Vitamin water, Minute Maid, dan Powerade. Berkantor pusat di Atlanta, AS, Coca-Cola beroperasi di 200 negara di seluruh Eropa, Middle East and Africa (EMEA), Amerika Latin, Eurasia, Amerika Utara, dan kawasan Asia-Pasifik. Pada 2019, penjualan global Coca-Cola mencapai $31,7 miliar.

4. Diageo

Diageo saat ini adalah perusahaan alkohol terbesar di dunia. Hal ini terutama terlibat dalam produksi, pemasaran dan distribusi minuman keras, bir dan anggur. Portofolio produk alkohol Diageo meliputi scotch, bir, vodka, Indian-made foreign liquor (IMFL), wiski, rum, minuman beralkohol RTD, minuman keras, anggur, gin, dan tequila. Beberapa merek alkohol yang paling terkenal termasuk Smirnoff, Johnnie Walker, Baileys, Guinness, Moët & Chandon, Veuve Clicquot dan Hennessy. Berkantor pusat di London, Inggris, perusahaan ini beroperasi di Amerika Utara, Eropa, Afrika, Amerika Latin, Karibia, dan Asia Pasifik.

5. Heineken

Perusahaan Industri Minuman Terbesar di Dunia Saat Ini

Perusahaan bir yang berbasis di Belanda, Heineken, telah menjadi salah satu perusahaan minuman terbesar di dunia selama lebih dari 150 tahun. Hari ini, ini adalah pembuat bir terbesar kedua di dunia. Didirikan pada tahun 1864, perusahaan ini memiliki lebih dari 160 pabrik di lebih dari 70 negara. Heineken memproduksi bir dan cider regional, lokal, internasional dan khusus. Merek bir internasional perusahaan termasuk Amstel, Desperados, Sol, Affligem, Tiger, Tecate, Red Stripe, dan Krušovice.

6. Kweichow Moutai

Kweichow Moutai adalah produsen minuman keras milik negara Tiongkok. Produk andalannya, baijiu, minuman beralkohol tradisional dan kuat yang terbuat dari sorgum, gandum, dan barley, dianggap sebagai produk alkohol terbaik dan termewah di pasar minuman Cina. Didirikan pada tahun 1999, Kweichow Moutai berbasis di Renhuai, Provinsi Guizhou, dan terutama memproduksi dan menjual produk baijiu di dalam negeri. Pada 2019, total penjualan Kweichow Moutai mencapai $10 miliar.

7. FEMSA

FEMSA adalah salah satu perusahaan minuman dan ritel terkemuka di dunia. Bisnis intinya terutama terlibat dalam produksi, distribusi dan penjualan minuman non-alkohol di seluruh dunia. Portofolio produk minumannya meliputi minuman ringan, air tenang dan soda, teh siap minum, kopi, jus, minuman buah, minuman olahraga, minuman energi, dan minuman yang diperkaya. Berkantor pusat di Monterrey, Meksiko, FEMSA beroperasi melalui beberapa perusahaan sub-holding utama, termasuk Coca-Cola FEMSA, FEMSA Comercio, dan FEMSA Negocios Estratégicos.

8. Pernod Ricard

Pernod Ricard adalah perusahaan Perancis yang terutama memproduksi minuman beralkohol. Ini adalah pemilik beberapa merek alkohol terkenal di dunia, seperti Absolut Vodka, Chivas Regal, Ballantine’s, Beefeater, Jameson, Kahlúa, Malibu, Ricard, Havana Club, Martell, Cognac, The Glenlivet, G.H. Mumm, dan Perrier-Jouët dll. Pada 2019, penjualan Pernod Ricard di seluruh dunia mencapai $10,7 miliar, menjadikannya salah satu perusahaan minuman terbesar di dunia.

Back to top